BAB
I
PENDAHULUAN
Masalah yang sering dihadapi seperti:
mengambil data,memproses data dan mengeluarkan data yang telah diproses. Ketika
memproses data , pekerjaan penting yang dilakukan komputer adalah :- transfer data
- kalkulasi data
Berdasarkan fungsi dan proses inilah , komputer membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Dalam pemakaiannya, computer tidak dapat berdiri sendiri. Tetapi diperlukan peran manusia untuk ‘mengendalikan’ kerja-kerja computer.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Definisi Komputer
Komputer adalah
alat elektronik otomatis yang dapat menghitung dan memberikan hasil
pengolahan serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik,
televisi, faksimile, dsb) biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit
pengeluaran, unit penyimpanan serta unit pengontrolan (Kamus Besar Bahasa
Indonesia). Dalam komputasi, proses adalah contoh dari program komputer yang sedang dieksekusi. Ini
berisi kode program dan kegiatan saat ini. Tergantung pada sistem operasi (SO), proses ini dapat
terdiri dari beberapa benang
eksekusi yang mengeksekusi instruksi bersamaan.
Sebuah program komputer adalah
kumpulan instruksi pasif; proses adalah pelaksanaan sebenarnya dari instruksi
tersebut. Beberapa proses dapat dihubungkan dengan program yang sama, misalnya,
membuka beberapa contoh program yang sama sering diartikan lebih dari satu
proses sedang dieksekusi.
Berdasarkan generasinya komputer
terbagi menjadi empat masa, yaitu :
- Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
- Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
- Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
- Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
Untuk mewujudkan konsepsi komputer
sebagai pengolah data dan menghasilkan suatu informasi, maka
diperlukan sistem komputer.Elemen-elemen dari system computer
tersebut terdiri dari hardware, software dan brainware.Ketiga elemen sistem
komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk
kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software,demikian
juga sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila
tidak ada manusia(brainware) yang mengoperasikan dan
mengendalikannya.
Berdasarkan data yang diolah, ada
tiga golongan komputer yaitu : a) Komputer Analog, b)
Komputer Digital dan c) Komputer Hybrid. Sedangkan berdasarkan
penggunaannya ada komputer untuk tujuan khusus dan komputer untuk tujuan umum.
Berdasarkan kapasitas dan ukurannya ada enam golongan komputer yaitu : a)
Komputer Mikro, b) Komputer Mini, c) Komputer Kecil, d) Komputer Menengah, e)
Komputer Besar dan f) Komputer Super. (Wahono, 2003 : 1).
B.
Peran Komputer Dalam Pembelajaran
Menurut Gagne dan Briggs
dalam Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media
pembelajaran karena memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan
memiliki fungsi antara lain sebagai berikut :
- Hubungan Interaktif : Komputer dapat menjembatani hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat terhadap media.
- Pengulangan : Pengguna komputer terutama mahasiswa atau dosen dan guru dapat mengulang materi atau bahan ajar dengan metode yang menarik yang telah disediakan komputer seperti musik, video, atau microsoft office.
- Feedback and Reward : Dengan komputer guru atau dosen dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu saja pujian kepada mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Saran dan pujian ini dpaat disampaikan secara online dan seketika sehingga mahasiswa yang lain dapat mengetahui saran, perbaikan dan pujian tersebut yang tentunya juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan potensi diri terutama dalam pembelajaran.
Komputer adalah media yang dapat
digunakan dalam pengajaran dengan berbagai metode yang berbeda-beda. Peran
komputer secara umum adalah :
- Komputer dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar.
- Dengan komputer para pembelajar bahasa dapat menentukan sendiri program bahasa yang disukainya dan belajar sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki.
- Dapat memotivasi para pembelajar lewat variasi pelajaran dengan suara dan gambar.
- Program komputer dapat menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis, sehingga para pembelajar dapat mengetahui skor/nilai segera setelah soal-soal dikerjakan.
C. Contoh Bentuk Pembelajaran
dengan Menggunakan Komputer
Ada berbagai macam bentuk-bentuk
pembelajaran dengan menggunakan komputer. Contohnya adalah sebagai berikut :
- Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang bervariasi. (schule.bayern.de)
- Pembelajaran dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar.
- Pembelajaran dengan memanfaatkan program Scan. Untuk men-scan suatu gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar, komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.
- Pembelajaran dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft Office.
- Pembelajaran dengan menggunakan CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang sejenisnya yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja pelengkap seperti loud-speaker atau headset juga diperlukan.
- Pembelajaran dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses pembelajaran dapat diselenggarakan secara online dan materi ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.
D.
Peranan Komputer Dalam Pemecahan Masalah
Proses kerja komputer secara
sederhana adalah :
Proses pertama: Menerima perintah
yang User masukan melalui perangkat input seperti keyboard dan mouse
Proses kedua: Mengolah perintah yang
sudah diterima dari User, perangkat keras yang mengelola perintahnya adalah
prosesor atau juga sering disebut sebagai otak komputer, prosesor memiliki tiga
bagian penting yaitu:
-Control Unit(CU)=Mengontrol semua
kerja perangkat yang terpasang dalam komputer
-Arithmatic Logical
Unit(ALU)=Mengelola semua proses yang berhubungan dengan logika dan matematika,
seperti ketika kita menggunakan kalkulator maka proses menghitungnya diproses
oleh ALU
-Memory Unit(MU)=Sebagai unti
pendukung, dimana proses yang sering dilakukan oleh prosesor sementara akan
tersimpan dalam unit ini
Proses ketiga: Mengeluarkan(Output)
hasil dari perintah yang sudah diolah didalam prosesor melalui perangkat output
seperti monitor(Mengeluarkan tampilan), spiker(Mengeluarkan suara),
printer(Mengeluarkan hasil cetakan) dan melalui perangkat output lainDalam
sebuah computer terdapat alat input dan output yang bekerja saling berhubungan
satu sama lain.
Semua alat input dan output dapat
berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung dan tidak langsung.
Contoh: keyboard , display, printer dan plotter (berperan langsung),
source data automation device, microfilm (berperan tidak langsung).
Seperti halnya perangkat keras,
perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak langsung. Contoh:
sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum dan industri
(berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan
produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung),spreadsheet, analisis
statistik dan perkiraan, manajemen proyek(berperan langsung).
BAB
III
KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa , peranan pemrosesan computer
sangatlah penting dalam membantu manusia dalam memecahkan masalahnya. Secara
garis besar masalah yang dihadapi ini meliputi : mengambil data,memproses data
dan mengeluarkan data yang telah diproses.Ketika memproses data , pekerjaan penting yang dilakukan komputer adalah :
- transfer data
- kalkulasi data
Berdasarkan fungsi dan proses inilah , komputer membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Dalam pemakaiannya, computer tidak dapat berdiri sendiri. Tetapi diperlukan peran manusia untuk ‘mengendalikan’ kerja-kerja computer.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar